Langsung ke konten utama

Pasang sebuah Aplikasi BBM di dalam Android Gingerbread

Android Gingerbread - Isu akan seputar BlackBerry Messenger (BBM) masih cukup moncer. Untuk kali ini seputar akan kemungkinan sebuah layanan pesan instan yang telah populer itu telah dicicipi di dalam Android 2.3 ‘Roti Jahe’ alias Gingerbread. Ya, seperti yang telah diketahui, BlackBerry hanya dapat memberi akan restu pengoperasi BBM di dalam versi Android 4.0 Ice Cream Sandwich atau juga di atasnya. Dan untuk sementara untuk versi yang di ada bawahnya, tak untuk direkomendasikan. Pun demikian, para pengguna ponsel Android yang jadul tak bisa dapat dipandang sebelah mata, karena jumlahnya yang tak sedikit. Alhasil banyak yang telah mencari ‘jalan tikus’ agar supaya bisa mengaplikasikan BBM di dalam perangkat mereka. 


Tidak seperti halnya BlackBerry Messenger (BBM) pada versi resmi, para pengguna Android Gingerbread 2.3 yang telah ingin mencicipi BBM cukup wajib untuk melakukan sedikit sebuah kustomisasi pada sebuah perangkat miliknya. Sebab sebuah aplikasi untuk BBM untuk Android Gingerbread merupakan sebuah versi tak resmi. Jadi para pengguna yang cukup penasaran wajib untuk melakukan sebuah root pada handset sebelum untuk melakukan instalasi. 

Berikut cara install BBM di Android Gingerbread :

Tidak seperti pada BlackBerry Messenger (BBM) pada versi resmi, para pengguna Android Gingerbread 2.3 yang telah ingin mencicipi BBM wajib untuk melakukan sedikit kustomisasi pada sebuah perangkat miliknya. Sebab pada aplikasi BBM untuk Android Gingerbread itu merupakan versi tak resmi. Jadi para pengguna yang cukup penasaran wajib untuk melakukan root pada handset sebelum untuk melakukan instalasi. Aplikasi BBM untuk pada Android versi 2.3 merupakan sebuah hasil porting yang masih telah menyisakan sejumlah bug dan juga terkadang masih mewajibkan unyuk pengguna untuk dapat mengkopi beberapa file unyuk secara manual ke dalam sebuah folder sistem operasi.

Setelah menginstal sebuah BBM untuk Android Gingerbread, pada beberapa sebuah perangkat para pengguna mungkin akan dapat menemui masalah force close, yang dimana aplikasi langsung dapat menutup sendiri sesaat setelah dibuka. Untuk dapat mengatasinya, para pengguna wajib untuk meng-copy secara manual di folder ‘lib’ yang ada di sebuah APK BBM ‘Roti jahe’ ke dalam folder system/lib.Adapun juga cara untuk dapat mengkopi folder lib dalam sebuah APK BBM Gingerbread, para pengguna tinggal dapat menggunakan sebuah aplikasi pengekstrak file seperti halnya  WinZip, WinRar, atau 7zip.

Sedangkan untuk dapat mengkopikannya ke dalam sebuah  folder system/lib pada perangkat Android, para pengguna bisa dapat memanfaatkan sebuah aplikasi manajemen file seperti halnya Root Explorer.

Selain untuk mengkopikan file yang telah dibutuhkan, para pengguna dapat juga wajib untuk mengeset permission folder yang telah dikopi dengan pilihan rw-r-r (read, write, read, dan read). Untuk dapat melakukannya, cukup untuk menekan agak lama folder yang telah dikopi hingga dapat keluar pilihan yang di mana permission ialah salah satunya.