Langsung ke konten utama

Seputar Rumor Keberadaan iPhone 6

Setiap kali Apple merilis iPhone baru, pembicaraan langsung berubah akan menjadi seperti apa model iPhone berikutnya, spesifikasi jenis apa yang akan digunakan dan bagaimana hal itu akan membawa mereka ke depan iPhone. Smartphone unggulan hebat berikutnya dari Apple saat ini disebut sebagai iPhone 6, meskipun sangat mungkin Apple bisa menjatuhkan pilihan nama lain pada andalannya berikutnya ini, sama seperti yang dilakukannya dengan iPad Air.

IPhone 6 telah jadi pusat perhatian sejak Apple Inc meluncurkan iPhone 5. Ada sejumlah besar laporan yang diterbitkan pada spesifikasi , fitur, harga, dan tanggal rilis dari ponsel andalan mendatang Apple tersebut, tapi tak ada satupun yang secara resmi dikonfirmasi. Satu hal yang tampak jelas adalah bahwa Apple pasti akan mengintegrasikan fitur lebih maju dalam iPhone 6 dibandingkan dengan iPhone 5 dan 5S. Namun, Apple, seperti biasa, tidak mengungkapkan apa pun.



Foxconn, orang-orang yang bertanggung jawab untuk produksi Apple iPhone, telah seringkali menjadi sumber kebocoran baik melalui karyawan atau penyusup.  Menurut informasi yang keluar, beberapa orang dalam Foxconn telah mengungkapkan bahwa produksi baru  iPhone 6 akan dibagi antara dua model, satu dengan layar 4,7, inci dan 5,7 inci. Bahkan ada petunjuk pada kemungkinan melebihi ukuran 5,7 inci.

Banyak kalangan tidak begitu yakin Apple akan memiliki prosesor A8 tahun ini karena sulit untuk mengalahkan prosesor A7 64-bit hanya dalam satu generasi. Apa yang mungkin akan terjadi adalah iPhone 6 akan melakukan sebuah upgrade A7 ke  A7X  dengan cache yang lebih baik dan penanganan grafis. Selain itu dipadu dengan prosesor M7X, gerakan co-prosesor ini akan membuat daya jadi lebih efisien dan dapat offload lebih banyak tugas dari A7X, yang akan membantu kinerja secara keseluruhan.

Tak hanya itu saja iPhone 6 pun dikabarkan akan memakai sistem operasi baru iOS 8. Tapi itu tidak akan terlihat berbeda dari iOS 7. Salah satu fitur terbesar dari iOS 8 adalah Apple Maps yang  bekerja keras di belakang layar smartphone ini ketika Anda membaca.

Meskipun iPhone telah meningkatkan ketahanan hidup baterai sekitar 10% setiap tahun, teknologi baterai telah benar-benar sangat meningkat. iPhone 6 mungkin akan berjalan selama empat atau lima hari tanpa mengisi ulang. Peningkatan optimasi software di iOS 8 dan peningkatan optimasi hardware di A7X, M7X dan layar IGZO, bisa berarti peningkatan hidup baterai yang lebih besar dari normal, mungkin sebanyak 20%.

Sayang sekali, sampai tulisan ini dimuat belum ada kabar resmi mengenai spesifikasi lengkap yang akan dibenamkan pada iPhone 6.  Begitupula mengenai ketersediaan barang dan harganya, namun dikabarkan kalau iPhone 6 ini akan diperkenalkan pada sekitar Mei atau Juni 2014.