Langsung ke konten utama

MOVI M3 New, Phablet Quad Core Lebih Bertenaga

Movi, vendor yang satu ini relatif jarang tampil.  Kali ini berupa phablet berlayar HD 5 inci bernama Movi M3.  Namanya memang agak aneh, mengingat seri M3 sudah dulu hadir tahun lalu.  Karena bernama sama, maka tipe ini diberi nama, Movi M3 New.

Desain phablet ini standar saja, cenderung kotak memanjang.  Layarnya berukuran 5 inci dengan bentuk memanjang.  Terlihat jernih dan tajam, resolusi layar HD menjadi jawabannya. Namun warna memang nassih kurang mengingat teknologi layarnya hanya TFT biasa.  Bicara respon layar, terasa gesit dan mulus saat jari dimainkan di seluruh bagian layar.




Antarmukanya sangat standar, masih asli bawaan sistem operasi Android Jelly Bean.  Selain aplikasi bawaan Google, aplikasi menarik lain ada Backup and Storage, File Manager, hao123, Movie Studio, Movistore, Sound Recorder, Video Player, dan ToDo. Aplikasi hao123 ini terlihat ditonjolkan karena ditaruh pada deretan tombol favorit homescreen.  Aplikasi hao123 ini berupa tampilan satu layar dengan pintasan ke banyak tujuan situs internet yang sudah dikelompokkan sesuai genrenya.

Di sektor musik, tampilan audio player juga begitu sederhana dan minimalis, bawaan OS Jelly Bean.  Suara dari speakernya terdengar jernih dan tidak pecah meski volume diatur di posisi tertinggi.  Nada treble juga terasa halus.  Selain itu ada radio FM yang memakai earphone sebagai antenanya.  Tampilan radio FM sangat sederhana dan tampak begitu kosong di layar seluas itu.

Meski berbekal resolusi kamera 8 MP plus flash, kameranya juga tak istimewa.  Pengaturan kameranya standar bawaan Jelly Bean dan terbilang lengkap.  Ada geotagging, exposure, color effect, scene mode, white balance, sharoness, hue, saturation, brightness, contrast, zero shutter, face detection, self timer, continuos shot, dan pilihan ISO.

Bicara soal kinerja, prosesor quad core 1,2 GHz yang dimilikinya memang bisa diandalkan.  Phablet terasa bgitu gesit memainkan seluruh fiturnya, termasuk multitasking dengan banyak aplikasi yang dibuka sekaligus. 

Browsing terasa menyenangkan karena cukup stabil membuka banyak tab sekaligus lewat browser bawaan.  Internet HSPA bisa dinikmati lewat salah satu slot yang ada, sementara slot satunya hanya bisa untuk jari8ngan EDGE.  Koneksi ke PC lewat kabel data berlangsung sangat mudah karena ponsel langsung bisa dikenali dan diakses lewat PC.

Koneksi lain bisa dilakukan lewat Bluetooth 4.0 yang kencang.  Namun, baterainya terbilang agak kedodoran memberi daya untuk prosesornya yang cepat dan hanya bertahan sekitar setengah hari dipakai bermain game secara intensif.

Spesifikasi dan Harga MOVI M3 New
Rilis : Januari
Jaringan : Dualband GSM 900/1800 MHz dan Dual SIM aktif
Dimensi : 73,3 x 144 x 9,9 mm
Layar : TFT capacitive touchscreen 5 inci, 720 x 1280 piksel, 320 ppi
Sistem Operasi dan Hardware
OS : Android 4.2.1 Jelly Bean
Prosesor : ARM Cortex-A7 Quad Core 1,2GHz, GPU PowerVR SGX 544MP
Multimedia
Kamera : 8 MP, depan 2 MP, autofocus. LED flash, video redorder 640 x 480 piksel @30fps,
Audio Player : MP3/MIDI/WAV
Video Player : MP4/3GPP
Radio : Stereo FM, FM Recording
Konektivitas dan Memori
Koneksi Nirkabel : WiFi, HSDPA/GPS/EDGE, Bluetooth
Koneksi Kabel : microUSB 2.0, jack audio 3,5 mm
Memori Internal : 1,5 GB, RAM 1 GB
Memori Eksternal : microSD hingga 32 GB
Messaging : SMS, MMS, Email, IM
Lain-lain : GPS internal, A-GPS, Navigation, Google Maps, Gmail, Google Play, Voice Search, Sound Recoder, Backup and Storage, File Manager, hao123, Movie Studio, Movistore, Sains, Video Player, dan ToDo
Baterai : Li-Po 2000 mAH
Harga : Rp 1.379.000