Langsung ke konten utama

Spesifikasi dan Harga Acer Aspire P3-171, Tablet Dual Core Dengan OS Windows 8

Jumlah tablet dengan OS Windows 8 semakin banyak dan Acer yang dikenal sebagai salah satu produsen notebook terbesar pun turut andil dengan merilis beberapa seri tabletnya.  Selain seri Iconia, Acer juga merilis seri Aspire, salah satunya adalah Acer Aspire P3-171.

Dilihat dari bentuknya, tablet ini bisa dibilang merupakan versi slim dari seri Iconia W700 karena sekilas terlihat sama.  Selain itu, Aspire P3-171 memiliki spesifikasi yang lebih rendah dibandingkan dengan Iconia W700.



Tablet ini memiliki bahan bodi aluminium dengan finishing berwarna silver.  Bagian sudut-sudutnya adalah melengkung.  Selain itu terdapat aksen berupa plastik berwarna putih yang memanjang di bagian belakang atad bodinya dengan sebuah kamera 5 MP di sudut kiri atas.

Menemani unit tablet disediakan sebuah keyboard Bluetooth.  Keyboard ini memiliki sebuah protective case untuk menempatkan tablet, memasangkannya pun mudah.  Case tersebut sudah memiliki lubang di bagian atasnya, memungkinkan ventilasi tidak terhalang.  Saat tablet dipasangkan ke protective case, Anda cukup posisikan bagian bawah tablet ke sebuah alur di dekat keyboard sehingga tablet dapat berdiri dengan sudut yang nyaman untuk dipandang.

Tablet ini menggunakan layar sentuh (mendukung hingga 10 jari) dengan ukuran 11,6 inci yang memiliki resolusi 1366 x 768 piksel.  Walau resolusinya belumlah full HD, layar tablet mampu menampilkan warna dengan natural.  Penggunaan panel IPS membuat tingkat kontras dari layar termasuk tinggi.  Selain itu sudut pandangnya juga luas hingga 178 derajat.  Layar sentuhnya juga responsif dan kontrol gestur seperti pinch to zoom berjalan dengan lancar.

Acer Aspire P3-171 dibekali dengan prosesor Intel Core i3-3229Y Dual Core 1,4 GHz.  Jenis prosesor yang digunakan adalah jenis low voltage dan dikhususkan untuk penggunaan platform tablet.  GPU yang digunakan adalah Intel HD Graphics 4000.  Absennya fitur Turbo Boost tetapi masih mendukung fitur hyperthreading yang memproses 4 thread membuatnya sangat tipikal seperti prosesor i3.

Penggunaan baterai berkapasitas 5280 mAh mampu bertahan sekitar 3 jam dengan posisi WiFi aktif dan tingkat kecerahan maksimal.  Sedangkan untuk penggunaan standar dengan WiFii aktif dan tingkat kecerahan menengah dapat bertahan hingga 5 jam. Terdapat tool bernama Acer Power Manager yang fungsinya dapat mengurangi konsumsi daya.

Tablet yang berdimensi 19 x 29,54 x 0,995 cm dan berat 1,3 kg ini dibekali RAM sebesar 2 GB.  Untuk menyimpan file, kapasitas SSD 60 GB yang tersisa adalah sekitar 25 GB.  Termasuk kecil dan sayangnya tidak dapat diperlebar karena absennya slot microSD.  Acer Aspire P3-171 dibanderol pada kisaran harga Rp. 8.699.000.