Langsung ke konten utama

Spesifikasi dan Harga Nokia X Normandy, Smartphone Android Pertama Nokia Dengan OS KitKat

Gosip bakal hadirnya Android di Nokia memang santer sejak tahun lalu.  Yang terbaru, Senior Executive Officer Nokia di India sudah memberikan konfirmasinya.  Dikatakan, smartphone Android pertama Nokia ini telah disiapkan di India di bulan Maret dan memakai seri Asha.

Sesuai dengan kabar yang beredar selama ini, Nokia X Normandy ini akan dibekali layar berukuran 4 inci FWVGA beresolusi 480 x 854 piksel dengan kerapatan piksel 285 ppi.  Pada bagian dapur pacunya terbenam  prosesor dual core Qualcomm Snapdragon MSM8225Q berkecepatan 1,2 GHz dengan pengolah grafis GPU Adreno 302.  Selain itu smartphone Android ini dibekali dengan memori RAM sebesar 512 MB dan ditenagai dengan baterai berkapasitas 1500 mAh.


Yang menarik adalah OS Android 4.4 KitKat sebagai bekal sistem operasinya.  Pada bagian pengolah gambar terdapat kamera utama beresolusi 5 MP 2592 x 1944 piksel yang mampu merekam video berkualitas HD 720p.  Tampaknya ada kamera depan yang penting untuk foto narsis seperti yang tampak dari hasil ujinya yang menggunakan Skype.

Untuk media simpan, Nokia X Normandy telah dilengkapi dengan memori internal 4 GB dengan slot microSD yang dapat diekspansi hingga 32 GB dan mendukung dual SIM.  Fitur konektivitasnya ada 3G, WiFi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth 4.0 dengan A2DP, GPRS, EDGE, A-GPS dan microUSB.  Yang paling mendekati spesifikasi tersebut adalah Lumia 520.

Dari sisi desain, Nokia X Normandy hanya dibekali dengan satu tombol di bawah layar.  Menurut akun @evleaks, ada enam pilihan warna yang bisa Anda pilih, yakni hijau, putih, kuning, biru, merah, dan hitam.  Meski terlambat masuk ke pasar Android, penggemar Nokia dikabarkan masih banyak yang menanti.

Sayangnya, belum ada kabar kehadirannya di negara lain.  Namun ada kabar lain bahwa Nokia X Normandy ini sedang menjalani proses sertifikasi di Indonesia dan Malaysia yang berarti orang Indonesia berpeluang untuk memilikinya. Smartphone berbasis Android ini rencananya akan dipasarkan dengan harga sekitar Rp 1,8 juta per unitnya.