Langsung ke konten utama

Tips Lindungi Gadget Biar Awet

Musim hujan telah tiba, bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi butuh proteksi ekstra.  Selain sedia payung sebelum hujan, ada baiknya memikirkan proteksi gadget kesayangan.  Tujuannya, mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi selama beraktivitas.

Merawat dan melindungi gadget, baik smartphone, tablet, notebook, atau lainnya, kadang kerap kita abaikan.  Padahal hal ini mampu memperpanjang usia pemakaian.  Berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk menjaga agar gadget tetap awet.


  • Melindungi dari air
Air menjadi musuh utama semua perangkat elektronik karena air memiliki sifat yang mudah menghantarkan listrik.  Jika perangkat terkena air, papan sirkuit akan mengalami hubungan pendek (konsleting) dan gadget bisa mati.  Selain itu, air juga bisa mempercepat proses korosi.  Jika gadget Anda memilki bahan materi dari logam, rajin-rajinlah untuk membersihkannya, walaupun sudah dipasangi pelindung.
  • Melindungi dari suhu ekstrim
Gadget pada umumnya didesain untuk digunakan di suhu normal, kecuali gadget tertentu yang dirancang khusus.  Jika gadget digunakan di suhu esktrim, baik panas atau dingin, maka komponen-komponen internal dalam gadget memiliki kemungkinan untuk rusak.  Sebagai solusinya Anda bisa menyimpannya di dalam drybox.

Jika Anda sering bepergian, pastikan gadget yang tersimpan di dalam tas dalam kondisi aman.  Aman yang dimaksud adalah terhindar dari segala risiko bahaya.  Simpan gadget dalam drybag atau setidaknya plastik untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu hujan.

Jika berada dalam cuaca yang dingin, pastikan gadget tersebut dalam kondisi hangat.  Selain menyimpan dalam plastik, bungkus juga dengan kain hangat, atau menyimpannya diantara lipatan baju dalam tas.
  • Hindarkan dari makanan
Seringkali kita menggunakan gadget sambil makan, meletakkan gadget di atas meja di samping makanan atau minuman bisa berisiko.  Jika sewaktu-waktu makanan atau minuman tersebut tumpah.  Remah-remah makanan juga bisa jatuh dan menyelinap di rongga-rongga yang terdapat dalam gadget Anda.
  • Rajin bersihkan gadget
Bersihkan gadget secara berkala.  Buka penutup belakang, lepas baterai dan bersihkan debu-debu yang menempel di bagian dalam atau rongga-rongga konektor dan slot kartu penyimpanan.  Gunakan kain yang lembut untuk membersihkan dari kotoran.  Jangan gunakan pembersih dari bahan kimia yang tidak direkomendasikan atau memiliki bahan keras karena bisa berisiko merusak.

Dengan menjalankan tips di atas, gadget Anda akan awet atau tidak mudah rusak.