Langsung ke konten utama

Tips Memotret Saat Mendung

Kini waktunya musim hujan.  Musim dimana langit lebih sering mendung atau bahkan hujan.  Langit mendung sering membuat khawatir pemotret karena warna cenderung redup dan suram.  Padahal sebenarnya saat mendung itu cahaya lebih lembut dan tersebar, kondisi bagus untuk memotret alam.  Tapi jika tak hati-hati, cuaca buruk bisa merusak hasil foto Anda.

Yuk simak tips memotret saat mendung hadir di kala Anda mau mengambil momen-momen penting!
  1. Pakai image stabilizer atau tripod.  Saat memotret dalam cuaca mendung, Anda akan bekerja dalam kondisi kurang cahaya sehingga memerlukan kecepatan pemotretan yang rendah.  Maka aktifkan fitur image stabilizer atau gunakan tripod.  Pakai timer agar kamera tak akan goyang saat memotret objek.  Jika tak ada, gunakan sesuatu sebagai sandaran kamera ponsel.
  2. Pakai bukaan besar jika ada.  Bukaan ini bertanda angka yang artinya satu per angka tersebut dalam satuan detik.  Fitur ini jarang ada di kamera ponsel.  Saat memotret alam biasanya diperlukan bukaan kecil agar foto terekam lebih tajam.  Tapi dalam kondisi kurang cahaya, kita harus kompromi.  Misalnya jika biasanya dipilih bukaan 1/16  detik, maka menurunkan menjadi 1/8 detik masih bagus.
  3. Ubah fokus objek.  Fokuskan pada dua pertiga objek yang terlihat di layar.  Ini akan meningkatkan ruang tajam di bagian depan.
  4. Cari titik pusat perhatian.  Aturan ini berlaku untuk semua kondisi pemotretan, tapi akan terasa lebih penting saat langit sedang mendung dan jarak pandang terbatas.  Mata penikmat foto perlu diikat ke sesuatu.
  5. Periksa hasil foto.  Selama cuaca buruk, kamera mungkin kesulitan mengukur pencahayaan secara benar.  Dalam cuaca berkabut, kamera mungkin  merekam objek  secara kurang cahaya (underexpose).  Dalam cuaca berangin, kamera mungkin menaikkan bukaaun dan menghasilkan foto yang lebih terang dari seharusnya.
  6. Atur kompensasi bukaan.  Kamera mungkin menghasilkan foto yang lebih terang atau lebih gelap dari yang terlihat.  Turunkan kompensasi bukaan untuk menggelapkan foto dan sebaliknya.  Di setting kamera, fitur ini berupa EV dalam kisaran -2, -1,  0,. +1, +2.
  7. Memotret dari dalam mobil. Jika cuacana makin buruk, memotret lewat jendela cuaca dilakukan.  Pastikan kaca mobil bersih dan dekatkan kamera ke kaca agar terhindar dari pantulan.