Langsung ke konten utama

VidTrim, Cara Buang Video Tak Perlu

Saat Anda merekam sebuah video, ternyata terdapat bagian dari video yang tidak diinginkan.  Maka solusinya adalah membuang video tersebut.  Caranya adalah dengan memotong video, atau dikenal dengan istilah trim.

Berikut ini langkah-langkahnya :
  • Jalankan aplikasi dan seluruh file video yang ada di perangkat Anda akan ditampilkan dalam bentuk thumbnail.
  • Anda dapat melakukan sorting video agar ditampilkan dalam kategori tanggal, nama, ukuran, dan durasi dengan men-tap ikon di sudut paling kiri bawah.  Aplikasi ini memiliki beberapa fungsi lain selain memotong video, seperti misalnya konversi ke MP3, transcoding, dan juga memberikan efek.




Memotong Video
  1. Pilih video dan aplikasi akan menampilkan highlight video di bagian atas.  Kemudian di bawahnya terdapat informasi detail video seperti durasi, resolusi, ukuran, codec, dan sebagainya.
  2. OK sekarang mari memotong video.  Pilih ikon di sudut kiri paling bawah, yakni ikon gunting.  Maka aplikasi menampilkan playback video.  Di bagian bawah video terdapat 2 titik awal dan akhir.  Anda dapat menggeser titik tersebut untuk mengatur awal dan akhir video.
  3. Untuk menyimpan file yang sudah dipotong, tap ikon gunting di sudut kanan atas.  Opsi yang muncul ada 2, yaitu Trim Original (memotong file asli) atau Save As New Clip (memotong salinan file asli).  Setelah proses berhasil maka muncul notifikasi.  Anda dapat menutup jendela atau melihat hasilnya.  File akan disimpan dalam folder video berasal.
Konversi Video ke MP3
Fungsinya jelas, yakni mengambil audio saja dari sebuah video dalam format file MP3.  Tetapi sayangnya tidak terdapat pengaturan lebih detail seperti mengubah bitrate.  Pilih video, lalu tap ikon di samping trim, inputkan nama file konversi dan tap tombol Save MP3.

Transcoding
Maksudnya adalah melakukan konversi video ke format lain.  Parameter yang tersedia dalam pengaturan adalah resolusi video dan kualitasnya.  Untuk resolusi video tersedia mulai resolusi 240p hingga 720p (versi gratis) dan tambahan 1080p untuk berbayar.  Opsi tambahan adalah ingin menyertakan file audio atau tidak.  Kemudian untuk versi gratis ini, terdapat watermark pada video hasil.

Menambah Efek
Fungsi terakhir yang ada di aplikasi ini adalah menambahkan efek.  Tersedia 11 efek seperti Vintage, Vignette, Xross Pro, Sharpen dan sebagainya.  Efek dapat langsung diberikan tanpa harus mengupload video seperti pada 2 aplikasi sebelumnya.