Langsung ke konten utama

5 Widget Untuk Lockscreen

Salah satu fitur menarik yang dimiliki oleh Android adalah widget yang dapat ditambahkan ke homescreen. Tetapi tahukah Anda jika widget dapat ditambahkan pada lockscreen juga.

Sekedar informasi saja, Android Jelly Bean 4.2 memungkinkan Anda untuk memasang widget pada lockscreen sehingga dapat berinteraksi langsung tanpa harus membuka kunci. Karena menonaktifkan lockscreen bukanlah pilihan yang arif juga, maka widget seperti ini dapat menjadi solusi. Konsep inilah yang dibawa oleh beberapa widget di bawah ini.


1. DashClock Widget
Widget yang satu ini ditujukan untuk menggantikan default lockscreen dari Android 4.2 Jelly Bean, dan DashClock juga dapat melakukannya dengan baik. Tampilan jamnya pun terlihat lebih baik ketimbang default. Dan karena lockscreen merupakan bagian yang sering dilihat pada perangkat Android, maka widget yang satu ini benar-benar dapat membuat perbedaan. Salah satu fasilitas menarik dari DashClock adalah extension. Dengan menginstalnya, Anda bisa mendapatkan detail lebih banyak lagi pada widget. Secara default, DashClock berisi informasi detail mengenai jadwal janji dan kalender, alarm, missed call, SMS dan Gmail. Dengan menginstall extension yang Anda dapat download di Play Store, maka lockscreen Anda akan memiliki informasi yang lebih kaya.

2. Simple Dialer Widget
Bagi Anda yang ingin langsung melakukan panggilan telepon tanpa harus membuka kunci lockscreen pada smartphone Anda, maka widget yang satu ini sangatlah tepat bagi Anda. Fungsinya sederhana, yaitu menampilkan fungsi telepon dengan adanya keypapd dan daftar kontak pada lockscreen seperti yang Anda temui pada menu Dialer. Dialer ini sendiri datang dengan 3 tab yaitu keypad, history panggilan dan daftar kontak. Semua yang Anda perlukan tersedia di sini untuk melakukan panggilan telepon. Tetapi hati-hati karena semua orang dapat menggunakan perangkat Anda untuk menelepon tanpa harus membuka kunci terlebih dahulu.

3. Simple RSS Widget
Ingin tetap mengetahui berbagai berita yang teraktual langsung dari lockscreen. Maka widget yang satu ini dapat menjadi andalan Anda. Karena saat ini Google Reader sudah tidak ada, maka harus mencari alternatif lainnya. Widget ini dapat menampilkan daftar dari RSS Feed secara real-time. Untuk kontennya, Anda dapat memilih sendiri melalui menu pengaturan. Jika Anda memiliki jumlah subscription yang banyak, jangan cemas karena widget memungkinkan Anda untuk melakukan fungsi import subscription. Ukuran widget ini juga dapat diatur berikut juga mengubah tampilan dan menampilkan beberapa feed.

4. Weather : Local Forecast, Radar
Tampilannya terlihat sederhana dan modern, sehingga sangat cocok bagi anda bila ditempatkan di lockscreen untuk menampilkan info cuaca. Tidak hanya widget, karena ini juga merupakan aplikasi yang memiliki fasilitas update cuaca real-time, nontifikasi, widget homescreen dan bahkan dapat terintegrasi dengan DashClock. Tentunya pastikan koneksi internet anda aktif sehingga peroses update informasi cuaca dapat berjalan. Jangan lupa juga menginputikan lokasi daerah tempat anda berada.

5. Power Lock DashClock + Widget
Merupakan extension dari DashClock Widget, oleh karena itu Anda harus menginstallnya terlebih dahulu. Anda dapat memilih toggle apa saja yang ingin ditampilkan pada lockscreen, misalnya WiFi, 3G, Bluetooth dan sebagainya. Tersedia opsi untuk mengunci layar secara otomatis setelah toggle yang dipilih aktif. Selain itu informasi seperti sisa kapasitas baterai dan status koneksi data dapat dibuah (resizable widget) dengan pengaturan agar background menjadi transparan, sehingga ikon dapat terlihat jelas. Ukuran widget yang tersedia adalah 4x1, 3x1, dan 1x1. Kemudian jika Anda mengalami kesusahan saat menginstall aplikasi, cukup akses opsi "Remove Administrator Permissions" lalu uninstall kembali.