Langsung ke konten utama

Cara Blokir Untuk Pengganggu Di Ponsel Android

Terkadang, telepon atau SMS bisa sangat mengganggu.  Untuk menghindarinya tentu Anda bisa saja mengatur volume suara ke kondisi silent.  Namun ada saat dimana Anda tak bisa diganggu tapi tetap butuh informasi jika ada telepon atau SMS penting.  Contohnya saat rapat atau sedang melakukan sesuatu yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Agar privasi atau pun urusan menjadi tidak terganggu, Anda bisa memblokir nomor yang diinginkan.

Pemblokiran bisa menjadi cara ampuh untuk menghindari telepon dariorang atau pihak yang tidak diinginkan.  Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda terapkan pada smartphone Android Anda.


  • Sembunyikan Identitas
Jika ingin menyembunyikan identitas saat menelepon (private number), Anda bisa melakukannya dengan mudah. Masuk ke Phone, klik menu untuk menampilkan Settings > Voice Call > Additional Settings.  Pada pilihan Caller ID, Anda bisa menentukan untuk menyembunyikan nomor [Hide Number] atau menampilkannya [Show Number].

  • Blokir Otomatis
Google tidak menyertakan fitur untuk memblokir panggilan pada smartphone Android.  Namun beberapa pabrikan menambahkan fitur tersebut pada smartphone besutan mereka.  Contohnya pada beberapa smartphone Samsung disertakan fitur ini.  Caranya, tekan tombol Menu arahkan ke Call Settings > Call Rejection > Auto Reject.  Beri tanda centang Unknown agar smartphone secara otomatis akan menolak setiap panggilan masuk dari nomor yang tidak terdapat pada daftar kontak.

  • Kirim ke Voicemail
Jika sibuk, biasanya Anda mengatur suara ke mode vibrate atau silent.  Dan Android juga menyediakan cara untuk mengatur nomor tertentu agar langsung dialihkan ke Voicemail. Untuk menghindari telepon tertentu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur ini. Jika penting, tentu orang tersebut akan meninggalkan pesan, jadi fitur ini cukup membantu untuk menghindar dari telepon yang menggangu.  Untuk mengaktifkannya, masukkan nomor yang ingin diblokir ke daftar kontak.  Caranya tekan Dialer, geser hingga masuk ke menu History, dan tekan nomor tersebut. Tekan Add to Contacts dan massukkan nama yang diinginkan.

Setelahnya, masuk ke daftar kontak, tekan nomor yang ingin diblokir. Tekan tombol Menu dan beri tanda centang pada Block Incoming Call.

  • SMS
Sayangnya, Android tidak menyediakan fitur blokir SMS. Namun untungnya, ada banyak aplikasi gratis pihak ketiga yang bisa Anda temukan di Google Play Store. Contohnya SMS Spam Filterm Anti SMS Spam & Private Box, atau Mr. Number-Block Call And Texts.