Langsung ke konten utama

Mengenal Fitur Keamanan Di Android

Menyimpan data dalam perangkat mobile selalu memiliki risiko.  Selain hilang, data juga bisa diintip oleh pihak lain.  Memang di Google Play Store terdapat banyak aplikasi keamanan yang ditawarkan dan menarik.  Tapi itu sebagai tambahan jika menu keamanan di Android tidak cukup powerful.  Padahal jika kita mengetahui menu-menu keamanan yang ditawarkan dalam OS Android, sebenarnya sudah cukup untuk membentengi data dan aplikasi di dalamnya.

Dalam setting Security di Android terdapat banyak pilihan fitur keamanan sehingga pengguna awam tak perlu untuk mengunduh aplikasi keamanan tambahan.  Berikut adalah beberapa fitur keamanan tersebut.


  • Buka menu Security
Untuk mengakses menu Security, terlebih dahulu akses Settings dalam smartphone Android.  Geser halaman ke bawah hingga menemukan tab Personal.  Di dalam tab tersebut terdapat pilihan Security.

  • Screen Lock
Fitur keamanan pertama yang ditampilkan di atas adalah Screen Lock.  Dengan fitur ini, pengguna bisa memilih berbagai metode untuk membuka layar kunci smartphone.  Setidaknya ada lima metode yang bisa dipilih, yaitu Slide yang kurang aman karena bisa langsung diakses dan pilihan lain yang tingkat keamanannya lebih tinggi, seperti Face Unlock (dengan wajah), Pattern (menghubungkan titik-titik di layar), PIN (memasukkan kode angka), serta Password atau kata kunci.

  • Enkripsi Perangkat
Melihat lagi ke bawah, terdapat fitur Encrypt Phone.  Dengan fitur ini pengguna bisa  mengubah sebuah data menjadi kode-kode tertentu yang bisa diketahui oleh Anda sendiri.  Data tersebut akan diubah menjadi sandi hingga smartphone direset ke factory setting.  Pengguna akan dimintai password tiap kali membuka smartphone atau tablet.

  • Menyembunyikan Password
Fitur lain yang terdapat dalam menu Security adalah Make password visible.  Jika diaktifkan, maka semua password yang tersimpan dalam cache memory smartphone akan ditampilkan.  Sebaliknya jika dinon-aktifkan, maka semua password akan tersembunyi menjadi titik-titik.  Fitur ini berguna apabila pengguna lupa dengan password akun tertentu.

  • Mengatur Admin
Di bawah menu Security juga terdapat fitur Device Administrator.  Fitur ini bisa digunakan untuk mengubah setting keamanan dalam perangkat Android.  Berhati-hatilah dengan settingan ini, terlebih apabila Anda menginstall aplikasi dari sumber selain Play Store.