Langsung ke konten utama

Panasonic Toughpad FZ-E1 & Panasonic Toughpad FZ-X1, Desain Mirip Jeroan Beda, Tahan Jatuh 3 Meter

Dalam event Mobile World Congress 2014 yang berlangsung di Barcelona beberapa waktu lalu, Panasonic telah merilis sebuah smartphone yang tangguh, yaitu Toughpad FZ-E1 dan Toughpad FZ-X1. Kedua smartphone tersebut terlihat sangat mirip, namun demikian ada perbedaan yang mendasar diantara keduanya.  Perbedaannya diantaranya yaitu, pada Panasonic Toughpad FZ-X1 adalah dia sudah didukung oleh sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean, sementara Panasonic Toughpad FZ-E1 berjenis Windows Embeded 8 Handheld.

Prosesor yang menjadi otak pada kedua perangkat ini juga berbeda. Di Panasonic Toughpad FZ-E1 dibenamkan prosesor yang memiliki speisifikasi lebih tinggi, quad core 2.3GHz Qualcomm Snapdragon 800 (MS-M8974AB). Di Panasonic Toughpad FZ-X1 kecepatan prosesornya lebih rendah yaitu 1.7GHz dengan menggunakan chipset S4 Pro (APQ8064T). Toughpad FZ-E1 dan Toughpad FZ-X1 memiliki layar sentuh berukuran 5.0 inci dengan resolusi 720p HD (1280 x 720 piksel).   Layarnya ini sanggup mengelola pantulan sinar matahari karena tingkat brightness tinggi. Kamera utama kedua smartphone ini beresolusi 8MP plus flash, kamera depan 1.3MP. Untuk mendongkrak di sisi kinerjannya, kedua ponsel ini pun dibekali dengan memori RAM 2GB dan memori internal 32GB.



Fitur konektivitas pada Panasonic Toughpad FZ-E1 dan Panasonic Toughpad FZ-X1 didukung oleh koneksi 4G LTE/3G (HSPA+ 21 Mbps), WiFi, Bluetooth 4.0, GPS, dan microHDMI. Kapasitas baterainya juga lumayan mantap. Kedua ponsel pintar ini ditenagai dengan baterai berkapasitas 6200 mAh sebagai catu dayanya yang diklaim tahan terhadap pemakaian hingga 14 jam waktu bicara dan 1000 jam waktu siaga. Bukti ketahanannya ditunjukkan dengan sertifikasi IP65/IP58, yang membuat kedua smartphone ini sangat tahan terhadap debu dan air, plus tahan benturan meski jatuh dari ketinggian tiga meter sekalipun.

Kabar yang didapat dari beberapa media online, Panasonic Toughpad FZ-E1 akan dijual mulai pertengahan bulan Juni di tahun 2014 ini.  Setelah itu, giliram Panasonic Toughpad FZ-X1 dilempar ke pasar di akhir bulan Agustus mendatang. Namun dengar-dengar, keduanya baru akan dipasarkan di Jepang saja.  Belum ada kabar kapan kedua jawara baru besutan Panasonic ini akan dipasarkan secara global dan berapa harganya.