Langsung ke konten utama

Spesifikasi dan Harga iPhone 5C, Ponsel Plastik Yang Fantastik

Sepertinya, secara bisnis, Apple untung banyak dari penjualan iPhone 5c, jika memang laris terjual. Per spesifikasi, mirip dengan iPhone 5, namun dengan bahan-bahan yang lebih murah karena plastik, lebih tepatnya  polycarbonat. Plus dengan harga jual yang tetap tinggi.

Bahan polycarbonat ini mampu menghasilkan warna fancy bin fantasi pada casing. Jika digabung dengan fantasi yang sama yang disuguhkan oleh layar dan antarmuka di dalamnya, maka hasilnya adalah ponsel yang cukup fantastik. Membuat siapapun penggunanya harus bersiap dilanda kesegaran jiwa.



Desain
Setelah cukup lama tak memainkan unsur plastik setelah era iPhone 3Gs, tahun ini Apple berkenan menyuguhkan kembali untuk membungkus iPhone 5c. Bahan polycarbonate yang bermutu tinggi menyelimuti bodi produk Apple terbaru ini.

Meski bahan plastiknya bukan murahan, bingkai mesin iPhone 5c dibuat dari baja sekaligus bertindak sebagai antena. Bahan ini sekaligus memberi kesan berbobot dan mantap dipegang, sangat membantu menghilangkan kesan plastik.

Kamera
Bukan iPhone jika kameranya tak bisa menghasilkan foto-foto yang membuat iri tetangga, Demikian juga dengan kamera pada 5c yang sama-sama beresolusi 8 megapiksel seperti halnya iPhone 5.

Hasil foto dengan iPhone 5c ini termasuk istimewa. Gambar-gambarnya hidup, detailnya terekam dengan baik dan tajam. Itu jika digunakan pada kondisi pencahayaan yang memadai. Bagaimana bila kondisinya sebaliknya. Bahkan dalam remang dengan lampu flash dimatikan, kamera seakan punya sensor infra merah sehingga tetap dapat menangkap image, meski hasilnya nanti akan mengandung noise. Namun ini menunjukkan kemampuan lensa dalam menyerap cahaya dari sekitarnya.

Sistem operasi iOS 7 memberikan sentuhan antarmuka relatif baru pada aplikasi kamera. Hanya saja menu-menunya tidak sekaya aplikasi lain.

Kinerja

Prosesor yang ditanamkan di ponsel ini adalah prosesor Apple A6 berbasis Swift ARM V7 1,3GHz Dual Core. Sebagai catatan iPhone 5s, saudaranya, mendapat prosesor Apple A7. Ini menujukkan diferensi yang memang dipertajam terhadap keduanya.

Sebagaimana biasa, ada dua pilihan kapasitas penyimpanan untuk seri yang satu ini, yaitu 16GB dan 32GB. RAMnya sendiri berkapasitas 1GB. Untuk kemampuan kamera sekelas ponsel ini, 16GB akan terasa kurang, karena kita akan sangat terpacu menjeprat-jepret.

iPhone 5c ini dibanderol dengan harga Rp 8.699.000 dan jika berminat memilikinya bisa melakukan pre-order mulai dari sekarang.

Spesifikasi dan Harga iPhone 5c
Rilis : Februari 2014 (Indonesai)
Jaringan : LTE, WiFi, Bluetooth
Prosesor : Apple A6 (dual core) 1,3 GHz
Dimensi : 124,4 x 59,2 x 8,97 mm
Bobot : 132 gram
Layar : 4 inci IPS LCD Retina Display, 640 x 1136 piksel, 326 ppi
Kamera : 8 MP (belakang), LED, F/2.4, 1,2 MP (depan)
Rekam video : 1080p HD (30 fps)
Sistem Operasi : iOS 7
Kartu SIM : nano SIM
Kapasitas : 16 GB, 32 GB, 64 GB
Sensor : Accelerometer, gyro, proximity, dan compass
Fitur : Siri, Face Time
Konektivitas :  GSM, HSPA, LTE, WiFi, Bluetooth 4.0, GPS
Aplikasi : Camera, Photos, Music, Safari, Maps, Mail, Game Center, Passbook, iPhoto, iMovie, GarageBand, Pages, Numbers, and Keynote, iTunes Store, Apple Store, iBooks, Contact, Reminder, Calendar, Notes, Voice Memos, Clock, Video, Weather, Sticks, Calculator, Trailer, PostCast
Warna : Hijau, Putih, Biru, Pink, Kuning
Harga : Rp 8.699.000