Langsung ke konten utama

Tips Atur Mode Senyap Otomatis Di Android

Entah saat sedang bekerja, meeting, atau sedang tidur, mendengar bunyi notifikasi pesan masuk atau panggilan masuk dari smartphone kadang bisa mengganggu.  Walau kita bisa mengaktifkan mode senyap, atau menggunakan tombol volume untuk mematikan suara, namun kita bisa melakukannya secara otomatis dengan aplikasi Silent Hours.

Aplikasi Silent Hours memungkinkan pengguna mengatur jadwal agar smartphone diam dalam waktu tertentu.  Bahkan pengguna juga bisa mematikan bunyi smartphone di hari tertentu sehingga memberikan pengguna kontrol penuh atas bunyi yang dikeluarkan smartphone.



Silent Hours buatan pengembang Viktor Akerskog terdapat di Google Play Store.  Aplikasi ini mendapat review dari 169 pengguna yang skor rata-ratanya 4.2, dan mendapat empat bintang.  Berikut cara penggunaannya.
  • Atur Quick Mute
Saat Anda pertama kali menggunakan aplikasi Silent Hours, Anda akan dibawa ke halaman Quick Mute.  Dari sini, Anda bisa menon-aktifkan semua bunyi notifikasi dalam jangka waktu tertentu.  Cukup gunakan tombol slide bar untuk memilih waktu yang diinginkan lalu tekan tombol Mute yang terdapat di bagian bawah layar.
  • Membuat Jadwal
Geser halaman ke kiri akan menampilkan halaman Schedule.  Dari halaman ini Anda bisa membuat jadwal aplikasi bekerja menon-aktifkan notifikasi smartphone.  Untuk menambah jadwal, cukup tekan tombol "+" bagian atas menu.
  • Atur Waktu
Pertama-tama yang harus Anda atur dalam membuat jadwal adalah menentukan wktu.  Pilih waktu jam yang ditampilkan di layar, lalu gunakan tombol dial yang muncul untuk menentukan jamnya.  Pastinya settingan jam tersebut sesuai dengan yang Anda inginkan.
  • Menentukan Hari dan Perilaku Smartphone
Di bawah pilihan jam terdapat tab Actions yang bisa digunakan untuk menentukan perilaku smartphone.  Berikan tanda centang pada pilihan yang Anda inginkan, seperti mengaktifkan getaran atau menon-aktifkan LED.  Di bagian bawahnya lagi terdapat pilihan hari, Anda bisa mengatur di hari-hari apa saja aplikasi ini akan bekerja.
  • Mengatur Jadwal
Setelah mengatur semua parameter yang diinginkan, maka jadwal tersebut akan muncul di halaman Schedule.  Setiap jadwal baru yang Anda buat juga akan ditampilkan semua di sini.  Anda bisa mengedit dan menghapus semua jadwal dengan memilih jadwal tersebut, namun ingat untuk selalu menyimpan setiap perubahan yang Anda buat.
  • Menghapus Jadwal
Untuk menghapus jadwal yang ada, cukup menekan jadwal yang dimaksud di halaman Schedule.  Layar akan menampilkan pertanyaan apakah Anda ingin menghapus jadwal tersebut atau tidak. Anda juga bisa menon-aktifkan aplikasi Silent Hours dengan mematikan tanda centang di kotak Service Runnintg di bagian bawah layar. Mudah, bukan?