Langsung ke konten utama

Tips Pilah Pilih Tablet Untuk Anak

Kebiasaan anak-anak masa kini sudah jauh berbeda dengan jaman orang tuanya dulu.  Kini anak-anak sudah sangat akrab dengan gadget, bahkan sejak masih blita.  Kehadiran tablet yang praktis dengan input lewat layar sentuh membuat anak-anak makin lekat dengan gadget, dalam hal ini tablet.  Ya, tablet banyak disukai anak-anak karena pengoperasian yang mudah dan praktis. Tinggal pencet sana-sini.  Koleksi game yang bisa dimainkan juga sangat banyak sehingga terhindar dari kebosanan.

Namun, namanya juga anak-anak, kebutuhannya tentu berbeda dengan orang dewasa.  Di Indonesia sangatlah jarang tablet yang didesain khusus untuk anak-anak.  Berbeda dengan di luar negeri, vendor besar berlomba-lomba menghadirkan tablet khusus untuk anak-anak.



Beberapa hal berikut perlu diperhatikan saat mencari tablet untuk anak-anak.
  • Anak-anak hanya perlu tablet untuk bermain game dan menambah pengetahuan.  Maka, tak perlu yang terlalu canggih atau terbaru, termasuk kameranya.  Yang penting bisa memainkan game anak-anak yang biasanya ringan dan sederhana.
  • Desain tablet juga mesti diperkuat dengan pelindung di sekelilingnya, bisa berbahan plastik atau bantalan karet.  Layar sebaiknya juga berlapis anti gores yang kuat.  Alasannya, anak-anak sering sembrono memakai suatu perangkat atau mainan.  Mereka belum bisa membedakan antara mainan murah yang bisa dibanting dengan tablet mahal yang mesti diperlakukan lebih halus.
  • Tak perlu koneksi 3G, WiFI sudah cukup  Tablet dengan fitur 3G tentu lebih mahal.  Tablet dengan WiFi standar sudah cukup karena toh anak-anak masih harus diawasi orang tua sepenuhnya.
  • Memori penyimpanan yang memadai.  Karena bakal sering dipakai download banyak game, maka memori yang besar menjadi hal wajib.
  • Ukuran ringkas dan bobot ringan.  Tablet yang terlalu besar tentunya merepotkan anak-anak saat memegangnya.  Ukuran layar 7 inci adalah paling pas.
  • Pengoperasian mudah dan cepat.  Karena anak-anak belum mengenal teknologi lebih detil, maka pastikan keberadaan tombol-tombol dan letaknya mudah dijangkau oleh tangan mereka yang masih kecil.
Demikian tipsnya, semoga bisa menjadi panduan Anda saat pilah pilih tablet untuk anak Anda.