Langsung ke konten utama

Fungsi Unik Kamera Android Selain Fotografi

Setiap smartphone atau tablet Android pastinya dibekali dengan kamera. Jika berbicara mengenai fungsi kamera, kebanyakan orang pasti berpikir tentang mengambil foto atau merekam video. Padahal masih banyak fungsi lain yang dapat dilakukan.

Pernahkah Anda terpikir menggunakan kamera di smartphone sebagai pengganti webcam di laptop, melakukan scan negatif foto atau bahkan menerjemahkan tulisan? Dengan bantuan aplikasi, Anda dapat melakukan berbagai hal unik tersebut. Tidak sekadar unik, tetapi tentunya bermanfaat. Hanya bermodalkan aplikasi-aplikasi yang akan dijelaskan di bawah ini, Anda dapat memaksimalkan kamera selain dari berfoto ria.

IP Webcam Gunakan Kamera Sebagai Webcam

Anda ingin chatting dengan teman via Skype ternyata laptop tidak memiliki webcam? Atau bisa saja webcam ada, tetapi resolusi yang ada sangat rendah sehingga gambar yang dihasilkan penuh dengan noise. Solusinya gunakan saja kamera smartphone Anda (yang notabene kualitasnya lebih baik sebagai webcam.

Syarat utamanya adalah smartphone atau tablet Anda terhubung pada jaringan WiFi yang sama dengan laptop. Berikut langkah penggunaannya.
  • Instal IP Webcam perangkat Android. Kemudian akses alamat ip-webcam.appspot.com. Kemudian download dan instal aplikasi versi dekstop. Aplikasi desktop ini digunakan untuk mendeteksi perangkat Android sebagai webcam.
  • Hubungkan smartphone dengan laptop via USB dan buat sebagai mode MPT untuk transfer data. Kemudian jalankan aplikasi IP Webcam di smartphone. Terdapat berbagai macam pengaturan di dalamnya, mulai resolusi, kualitas, orientasi hingga pembatasan framerate. Untuk resolusi, maksimal yang dapat digunakan adalah 1280 x 720 piksel.
  • Scroll layar ke bawah lalu tap opsi Start server.
  • Layar smartphone pun akan menampilkan gambar seperti pada mode kamera. Di bagian bawah layar terdapat alamat IP. Ketikkan dalam browser (disarankan Firefox atau Chrome) dan Enter.
  • Tunggu sejenak, maka layar browser akan menampilkan apa yang dilihat kamera smartphone.
  • Setelah koneksi dengan laptop berhasil, buka alamat IP Webcam Adapter yang telah diinstal ke laptop, kemudian ketikkan http://<ip address>, <port number>/videofeed pada boks "Camera feed URL" lalu tekan tombol Autodetect.
  • Sekarang buka Skype dan akses jendela Options. Di samping kiri pilih tab Video settings. Pada bagian Select webcam, pilih opsi "MJPEG Camera."