Langsung ke konten utama

HP Slatebook X2, Tablet 100% Android Hybrid Harga 6 Jutaan

Soal detachable laptop, istilah Hewlett Packard untuk hibrid tablet + keyboard, pengalaman HP sudah tak diragukan lagi. Namun baru di Slatebook X2 inilah HP membenamkan Android sebagai sistem operasinya. HP menyebutnya 100% tablet, 100% notebook, 100% Android.

Dalam kondisi tablet dan keyboard disatukan, HP Slatebook X2 tampak seperti netbook biasa. Yang menarik, ketika lipatan dibuka, siku bodi akan menonjol sehingga sedikit menaikkan bagian belakang netbook dari permukaan datar.



Tablet ini gampang dipisahkan dari keyboard, cukup dengan geser slider yang menonjol dekat logo HP di layar. Kedua bodi ini akan terbagi dua. Anehnya meski sudah terpisah, bobot tablet tetap terasa berat bila ditenteng berlama-lama.

Susunan tombol keyboard layaknya sebuah papan ketik komputer. Hal ini memudahkan pengguna baru untuk langsung beradaptasi. Yang membedakan adalah tombol Home dan Recent apps di deretan terbawah.

Mayoritas tablet saat ini sudah bergeser ke kamera resolusi tinggi sehingga sangat disayangkan jika HP membekali Slatebook X2  dengan resolusi 2 MP untuk kamera utama dan VGA untuk kamera depan. Tapi HP mengklaim menambahkan fitur low light enhancement untuk mengoptimalkan kedua kamera tersebut.

HP Slatebook X2 dipersenjatai dengan prosesor Nvidia Tegra 4, namun nyatanya hasil Benchmark tak memperlihatkan  angka luar biasa. Padahal RAM-nya 2 GB dan storage internalnya maksimal, yakni 64 GB.

Tak ada fitur seluler di Slatebook X2, apalagi fitur telepon. Akses internet sepenuhnya mengandalkan WiFi. WiFi dilengkapi  WiFi Direct dan Miracast, namun tak tampak fitur WiFi hotspot. Slatebook X2 didukung fitur USB OTG, tapi ini hanya bisa dipakai bila tablet terpasang di keyboard. Tinggal colok flashdisk biasa ke port USB yang ada di keyboard.  Sementara itu Bluetooth bisa dipakai transfer file antar perangkat. Tidak ada NFC.

Berikut ini bisa Anda lihat data spesifikasi dan harga HP Slatebook  X2.
Jaringan : Tidak ada
Dimensi/Berat : 25,8 x 18,2 x 0,9 mm / 0,6 kg
Layar : 10,1 inci, WUXGA, 1920 x 1200 piksel, IPS
Sistem Operasi dan Hardware
Sistem Operasi : Android 4.2 Jelly Bean
Prosesor : Nvidia Tegra 4
Kamera : 2MP, FF, f2.0
Player Audio : Ya
Player Video : Ya
Radio : Tidak
Koneksi Nirkabel : WiFi, Bluetooth
Koneksi Kabel : USB, jack 3,5 mm, HDMI
Memori Internal : 64 GB, RAM 2 GB
Memori Eksternal : microSD
Messaging : SMS, MMS, Email, IM
Baterai : Lithium Polymer
Harga : Rp 6.000.000