Langsung ke konten utama

Multitasking, Tampilkan Aplikasi Dalam Floating Windows

Multitasking adalah fitur terbaik yang dimiliki oleh sistem operasi Android. Dengannya Anda dapat beralih dari satu aplikasi ke lainnya dengan mudah dan cepat. Jika Anda tidak terlalu puas dengan fitur multitasking bawaan dari sistem, dapat mencoba aplikasi multitasking pihak ketiga.

Salah satu aplikasi yang kita ulas kali ini adalah Multitasking. Yang menarik dari aplikasi ini adalah Anda dapat mengakses aplikasi lain secara bersamaan dengan yang sudah aktif dalam bentuk floating windows.



Nantinya tiap aplikasi yang Anda pilih akan ditampilkan dalam jendela terpisah. Jumlah jendela yang dapat dibuka bervariasi sesuai dengan ukuran layar perangkat. Tetapi pastinya lebih maksimal jika digunakan pada tablet dengan layar yang lebih besar.

Setelah diinstal dan diaktifkan, maka Multitasking akan berjalan di background. Untuk menggunakannya, sapukan jari dari sisi kiri luar layar ke tengah. Nantinya Anda dapat memilih aplikasi apa saja yang akan dibuka, seperti browser, kamera, gallery, dan sebagainya.

Tiap jendela yang dibuka dapat diatur ukurannya. Cukup lakukan gerakan mencubit tiap jendela untuk melakukannya. Selain itu posisinya juga dapat diubah.

Sama seperti berbagai aplikasi Android lainnya, terdapat juga pengaturan di sini. Misalnya adalah mengaktifkan aplikasi saat perangkat dihidupkan hingga memilih posisi sidebar (kiri atau kanan). Panjang dam lebar sidebar juga dapat diatur ukurannya.