Langsung ke konten utama

RAR for Android, Tool Kompresi dan Ekstrasi File Untuk Android

File kompresi dengan format RAR banyak sekali beredar di dunia maya, terlebih saat mengirim email dengan attachment. Fungsinya jelas, yakni menyusutkan ukuran file sehingga lebih cepat dikirim.

Masalahnya adalah aplikasi yang lengkap untuk membuat file format kompresi berikut mengekstraknya belum tersedia di Android. Hingga akhirnya muncul aplikasi RAR for Android yang diciptakan oleh RARLAB, tim di balik aplikasi WinRAR yang terkenal.


Aplikasi ini didesain untuk membuat file RAR dan ZIP, yang dimana keduanya adalah format file kompresi yang populer. Anda juga dapat mengekstrak file kompresi dengan format RAR, ZIP, TAR, GZ, BZ2, XZ, 7z, ISO, dan ARI. RAR for Android juga didesain maksimal bekerja dengan perangkat multicore untuk mempercepat proses pembuatan file kompresi atau ekstrasi.

 Tampilan user iterface yang disuguhkan RAR for Android sangatlah simple. Saat dibuka akan menampilkan direktori memory eksternal. Tetapi Anda juga dapat mengakses memory internal.
Nah, untuk membuat file kompresi, pada halaman utama Anda dapat memilih beberapa file atau folder sekaligus yang nantinya diproses secara bersamaan. Opsi standar yang tersedia untuk membuat kompresi adalah memilih format file (RAR atau ZIP), memberikan password atau menghapus file setelah proses kompresi selesai.

Sedangkan untuk pengaturan lebih spesifik (tab Advance) tersedia opsi untuk memilih tipe kompresi hingga jumlah file yang ingin dipecah (jika Anda perlu melakukannya). Tiap pengaturan yang Anda tentukan dapat disimpan dalam sebuah profile sehingga ke depannya tidak perlu melakukan pengaturan lagi.

Kemudian untuk fungsi ekstrak file kompresi, opsi yang ada tidak jauh berbeda seperti yang ada di versi desktop. Tap dan tahan lama sebuah file dan nantinya akan muncul opsi seperti Extract Here (ekstrak di folder yang sama) atau Extract Files dimana Anda dapat menentukan tujuan direktori file ekstrak.

Jika Anda memilih opsi Extract Files, maka akan ditampilkan opsi detail. Salah satu opsi yang sangat bermanfaat yang sama seperti di versi desktop (komputer PC) adalah "Keep broken files".