Langsung ke konten utama

Spesifikasi dan Harga Asus FonePad Note 6, Phablet Layar HD Dibekali Stylus

Asus merilis seri Fonepad pada April 2013. Berdasarkan ukurannya yang 7 inci, maka Fonepad termasuk dalam varian tablet, dengan tambahan fitur melakukan panggilan telepon. Kemudian melalui ajang IFA, Asus kembali mengenalkan seri lain dari Fonepad dengan ukuran layar yang lebih kecil, yakni 6 inci melalui Fonepad Note 6.

Dilihat dari ukuran layarnya, maka sudah termasuk dalam varian phablet (antara 5 sampai 7 inci). Selain itu Fonepad Note 6 dapat juga menjadi saingan baru dari Samsung Galaxy Note 3 yang memiliki layar hampir sama, yakni 5,7 inci. Seperti apa performa phablet dengan layar HD dan dibekali stylus ini?




Asus Fonepad Note 6 tersedia dalam 2 warna, yakni soft charcoal gray dan glaze white. Bodinya sendiri termasuk tebal (10,3 mm) dan berat (210 gram) dibandingkan dengan beberapa phablet pesaing seperti Samsung Galaxy Note 3 (8,3 mm, 168 gram), Sony Xperia Z Ultra (6,5 mm, 212 gram) dan Huawei Ascend Mate (9,9 mm, 200 gram). Akan tetapi ketebalan dan beratnya tidak terlalu berlebihan, justru membuatnya memiliki kesan solid.

Asus memberikan resolusi tinggi Full HD 1080 piksel pada Fonepad Note 6, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan seri tablet Fonepad yang hanya menggunakan 800 x 1280 piksel. Selain itu kerapatan pikselnya juga tinggi yakni 367 ppi, sedikit di bawah dari Samsung Galaxy Note 3 dengan 386 ppi.

Mengandalkan teknologi layar Super IPS+, warna yang dihasilkan pada layar sangat menarik perhatian mata dengan tingkat kecerahan tinggi dan warna yang kaya. Layar yang tersedia ini mampu menerima respon 10 titik senthan dan akurat. Selain itu rotasi layar juga berjalan dengan cepat. Tetapi untuk input lainnya yang menjadi perhatian adalah stylus yang dilepas dari bagian belakang bodi.

Asus membekali prosesor dari Intel untuk phablet yang berjalan dengan OS Android 4.2.2 Jelly Bean ini, tepatnya adalah Intel Atom Z2580 dengan 2 inti prosesor (dual core) yang memiliki clock spedd 2 GHz didukung RAM 2 GB dan GPU PowerVR SGX 544MP2.

Fonepad Note 6 dibekali dengan sepasang kamera. Kamera depan dengan resolusi 1,2 MP (1280 x 960 piksel) dapat digunakan untuk video call dan foto selfie. Kemudian kamera belakangnya dibekali dengan sensor BSI dari Sony yang memiliki resolusi 8 MP (3264 x 2448). Fixed focus yang digunakan adalah f/2.0.

Jika Anda ingin mencari sebuah phablet yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Samsung Galaxy Note 3, maka Asus Fonepd Note 6 ini dapat menjadi pilihan. Dengan harga Rp 6.099.000, Anda bisa mendapatkan layar HD dengan performa prosesor yang sudah lebih dari cukup untuk penggunaan seahri-hari. Selain itu terdapat juga bonus berupa stylus yang dapat digunakan untuk aktivitas seperti membuat sketsa.