Langsung ke konten utama

Spesifikasi dan Harga Cyrus Chat T2017, Smartphone Dengan Keyboard Fisik, BBM-an Tambah Nyaman

Hingga sampai kapanpun aktivitas berkirim pesan, apakah itu SMS, email atau chatting akan selalu tetap berlangsung di dalam sebuah smartphone. Dalam aktivitas tersebut, mau tidak mau Anda harus berinteraksi dengan keyboard untuk mengetik.

Dewasa ini pertumbuhan smartphone dengan layar sentuh sangatlah pesat dan membuat Anda harus mengetik dengan keyboard virtual. Sebagian orang membutuhkan adaptasi untuk mengetik cepat (dan akurat) dengan keyboard di layar sehingga membutuhkan waktu beradaptasi. Tetapi jika tidak ingin repot dan lebih nyaman menggunakan keyboard fisik dapat mencoba smartphone Cyrus Chat ini.


Sekilas Cyrus Chat memiliki desain bodi seperti BlackBerry Q10. Hanya saja untuk Cyrus Chat ini bodinya lebih panjang karena menggunakan ukuran layar yang lebih lebar (3,5 inci). Layout keyboard QWERTY Cyrus Chat sama dengan BlackBerry Q10 dan smartphone BlackBerry lainnya. Termasuk dengan desain lekukan bagian atas tiap keypad untuk memudahkan aktivitas mengetik, baik menggunakan ujung jari atau kuku.

Cyrus Chat dibekali dengan fitur Dual SIM yang dapat aktif bersamaan. Fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu melalui menu Settings. Untuk fungsi telepon dan SMS, Anda dapat mengatur kartu SIM mana yang akan menjadi default, atau memilih agar sistem selalu menampilkan opsi memilih kartu SIM pada menu Dialer dan SMS. Jika Anda sudah terbiasa menggunakan smartphone Android dengan fitur Dual SIM, maka tidak akan kesulitan mengakses menunya karena sama saja. Terdapat satu fitur yang menarik di sini, yakni video call secara native dari operator sesuai kartu SIM yang Anda gunakan sehingga tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga seperti Skype atau LINE. Tentunya smartphone lawan bicara harus juga sudah mendukung fitur video call ini agar dapat menerima panggilan.

Cyrus Chat menggunakan Android Jelly Bean, tepatnya versi 4.2.2. Untuk interface masih menggunakan bawaan dari Jelly Bean tanpa sentuhan launcher pihak ketiga. Pada sistem Anda akan mendapatkan aplikasi bawaan dari Cyrus seperti Cyrus Indo Books, Cyrusku, Cyrus Market, Cyrus Zone, Cyrus Niaga, Cyrus Photo Print dan Cyrus Memo. Terdapat juga aplikasi bawaan lainnya dari pihak ketiga seperti ES File Explorer, Glide Beta, Facebook, B1 Free Archiver, Kingsoft Office, KlikMusik, Lazada, LangitMusik dan SelaluAda. Cyrus Chat juga dibekali dengan 2 buah aplikasi BBM (BlackBerry Messenger). Dengan begitu Anda dapat menggunakan 2 akun berbeda di dalam satu perangkat yang sama. Fitur lainnya yang juga menarik adalah USB OTG.

Cyrus Chat dibekali dengan prosesor Broadcom BCM2 1663 Dual Core 1 GHz dengan GPU VideoCore IV HW dan RAM 512 MB. Menggunakan 2 inti (dualcore) Cortex-A9, performanya mampu mendekati smartphone dengan prosesor 4 inti (quad core) Cortex-A5. Respons smartphone ini termasuk gegas untuk penggunaan sehari-hari. Performa gamingnya tidak mengecewakan. Smartphone yang memiliki resolusi layar 320 x 480 piksel ini dibanderol dengan harga Rp 1.300.000.