Langsung ke konten utama

Spesifikasi dan Harga Sony Xperia Z1 Compact, Smartphone Jelly Bean Dengan Fitur Handal

Dari awal kemunculannya, Xperia Z1 mini sudah menyita perhatian para pengguna ponsel premium. Ditambah lagi spesifikasi yang diusung mirip dengan Xperia Z1. Makin penasaran saja para mania gadget di tanah air. Setelah resmi diumumkan pada ajang CES bulan Januari 2014 lalu, Xperia Z1 mini ini kemudian dinamakan Z1 Compact.

Mirip dengan desain pendahulunya, ponsel ini hanya memangkas ukuran fisik. Tentu saja yang menjadi fokus di sini adalah ukuran secara keseluruhan dimana Xperia Z1 memuat layar 5 inci, sementara Xperia Z1 Compact memiliki layar 4,3 inci.  Walaupun ukurannya lebih kecil, Sonny berusaha mempertahankan kesan premium Z1 Compact. Terbukti kaca tahan gores di bagian muka diadopsi.


Xperia Z1 Compact menggunakan layar 4,3 inci. Layar IPS ini memiliki resolusi 720 x 1280 piksel menyebabkan kualitas tampilannya lebih baik dibanding pendahulunya tersebut terutama soal sudut pandang layar. Selain itu, layar smartphone ini masih diperkaya dengan teknologi Triluminos milik Sony yang menjamin kualitas tampilan terbaik.

Sony Xperia Z1 Compact hadir dengan Android 4.3 Jelly Bean, namun ada rencana update ke 4.4 KitKat pada waktu yang akan datang. Sony juga membenamkan prosesor quad core Qualcomm Snapdragon 800 dengan kecepatan 2,2 GHz pada perangkatnya ini. Selain itu, kapasitas memori sistem (RAM) sebesar 2 GB tersedia untuk memastikan semua aplikasi dan aktivitas multitasking berjalan lancar. Sementara urusan grafis ditangani oleh Adreno 330 yang kinerjanya lebih tinggi karena hanya perlu menangani layar 720p dibandingkan 1080p pada Xperia Z1.

Sama seperti Xperia Z1, modul kamera pada Xperia Z1 Compact juga tidak main-main. Kamera ini terdiri dari tiga komponen kunci, yakni sensor EXMOR RS 1/2.33 beresolusi 20,7 MP, lensa Sony G, dan pemroses citra BIONZ Mobile yang bekerja cepat memproses lebih lanjut imaji yang ditangkap oleh sensor.

Sony Xperia Z1 Compact memiliki segala konektivitas yang dibutuhkan, diantaranya Bluetooth 4.0, WiFi, serta NFC. Seperti beberapa seri Xperia lain, ponsel ini mendukung controller DualShock 3 milik Playstation untuk menikmati bermain game yang lebih baik. Sedangkan pada sektor audio, smartphone yang ditenagai baterai Li-ion berkapasitas 2300 mAh ini dibekali dengan aplikasi pemutar musik Walkman yang khas, Anda dapat lebih leluasa saat menikmati musik. Secara serentak April 2014 Xperia Z1 Compact akan memasuki pasar Indonedia dan harganya dibanderol di kisaran Rp 4,5 jutaan.