Langsung ke konten utama

VSCO Cam, Opsi Lain Aplikasi Penyunting Foto

VSCO Cam adalah aplikasi penyunting dan berbagi foto yang terlebih dahulu hadir di iOS dan kini hadir di Android. VSCO Cam menyediakan berbagai filter menarik sehingga hasil foto yang didapat terlihat lebih unik. Aplikasi yang berukuran 14MB ini bisa dipasang dan digunakan pada smartphone berbasis Android 4.0 ICS ke atas.

Selain itu untuk memotret, VSCO terintegrasi dengan layanan jejaring sosial lain yang terdiri dari Instagram, Facebook, Twitter, dan Google+ agar memudahkan pengguna berbagi. Mirip dengan intagram, VSCO juga memiliki komunitas tersendiri dimana mereka bisa saling berbagi ilmu ke sesama pengguna.






Menu utama menampilkan 6 kategori yang sesuai dengan fungsinya. Keenam kategori tersebut yaitu Grid, Journal, Settings, Store, Library, dan Camera.
  • Grid merupakan profil dari pengguna yang didalamnya terdapat berbagai karya yang telah dibuat dan ditampilkan secara online. Setelah membuat akun, anda akan mendapatkan alamat internet yang bisa diakses secara online yang nantinya bisa dijadikan sebagai link agar pengguna lain bisa melihat dan menilai karya foto anda.
  • Journal merupakan catatan yang dikumpulkan oleh pihak pengembang mengenai hasil karya penggunanya dari seluruh dunia. Tidak hanya itu saja, Journal juga menampilkan berbagai macam tips dan trik serta tutorial dalam memanfaatkan aplikasi ini.
  • Setting Pengaturan aplikasi VSCO dalam mengoprasikannya terdapat di sini. Anda bisa menentukan tampilan dari Tookit dan Preset, atau menampilkan jejaring sosial apa saja yang bisa anda gunakan untuk menggunggah foto.
  • Camera VSCO telah menyertakan fungsi kamera bawaan. Fungsi dan fasilitasnya pun hampir mirip dengan kamera bawaan Android. Beberapa fasilitas yang bisa anda manfaatkan diantaranya adalah flash, frame, dan grid. Anda juga bisa berpindah mode untuk mengaktifkan kamera depan atau belakang.
  • Store VSCO memang telah menyediakan preset bawaan yang terbilang standar. Secara default, VSCO menyediakan 10 preset dan 16 tool editing. Jika dirasa kurang banyak, anda bisa menambah sendiri preset serta tool yang tersedia melalui Store. Berbagai pilihan tersebut bisa didapat secara gratis dan ada pula yang berbayar.
  • Library merupakan kumpulan foto yang telah dibuat dan dirangkum dalam satu library. Dari sini anda bisa mengambil contoh foto yang akan anda sunting melalui menu yang sudah tersedia. Anda juga bisa menambahkan foto lain dari folder yang berbeda dan memasukkannya kesini untuk memudahkan pencarian nantinya.

Berikut ini adalah salah satu contoh cara untuk menambahkan efek Shadow Tint :

Tekan LIbrary, pilih foto yang anda inginkan. Tekan ikon edit. Tekan anda panah untuk menampilkan ikon tools. Tekan tools, geser dan pilih tools Shadow Tint. Tekan salah satu warna untuk melihat preview. Tekan dua kali unuk menyunting pengaturan warna yang dipilih. Klik OK untuk menyuadi. Klik tanda panah, Klik OK. Klik save dan tentukan lokasi penyimpanan.